PENDIDIKAN BERBASIS NILAI-NILAI PROFETIK DALAM PEMIKIRAN BUYA HAMKA
Abstract
Dunia pendidikan saat ini membutuhkan siklus kerjasama yang baik antara berbagai pihak di bawah visi dan misi yang sama. Siklus kolaborasi pasti akan mengarah pada solusi. Pendidikan profetik sebagaimana yang dimaksud oleh Buya Hamka berpegang pada prinsip integrasi (tauhid), yaitu tidak hanya berorientasi pada hal-hal yang bersifat materi. Pendidikan harus didasarkan kepada kepercayaan kepada tuhan, sehingga pendidikan yang baik menurut Buya Hamka adalah pendidikan yang dapat mengintegralkan potensi lahir dan batin. Potensi Fitrah-Nya untuk menyembah Tuhan diintegrasikan dengan akal, pikiran, perasaan dan dan sifat-sifat kemanusiaan yang lain. Tujuan pendidikan profetik yang tidak lepas dari prinsip persamaan sebagai hamba Allah dan pembebasan dari kebodohan atau nafsu hewaniahnya, menjadi perkara yang harus dilakukan oleh Buya Hamka.
References
Ikhwan Afiful, Metode Penelitian Dasar “Mengenal Model Penelitian dan Sistematikanya” (Tulungagung: STAI Muhammadiyah Tulungagung, 2020). hlm.67.
Ikhwan Afiful, Jurnal Pendidikan Islam (Metode Simulasi Pembelajaran dalam Perspektip Islam), Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 2017, hlm 2.
Ikhwan Afiful, Integrasi Pendidikan Islam (Nilai-Nilai Islami dalam Pembelajaran), Ta'allum: Jurnal Pendidikan Islam, 2014, hlm 182-183.
Ikhwan Afiful, STAI Muhammadiyah Tulungagung (Manajemen Perencanaan Pendidikan Islam), Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 2016, hlm 130.
Ikhwan Afiful, Jurnal Pendidikan Islam (Kajian Sosio-Historis Pendidikan islam di Indonesia Era Reformasi), Edukasi: Jurnal Pendidikan Islam, 2017, hlm 19.
Adabiyah, Radiyatun. 2017. Kenabian Perspektif Ibnu Sina. Refleksi, Vol. 17, No. 1, Januari.
Arifin, Muhammad. 2019. Pemikiran Pendidikan Islam Buya HAMKA. Jurnal Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislamani, Vol. 19, No. 2, Desember.
Arifin, Yanuar. 2018. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam dari Klasik hingga Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Armstrong, Karen. Muhammad, A Biography of the Prophet atau Muhammad
Sang Nabi, terj. Sirikit Arum, Khusni. 2018. Pengembangan Pendidikan Islam Berbasis Sosial Profetik (Analisis Terhadap Pemikiran Kuntowijoyo). Millah: Jurnal Studi Agama, Vol.17, no.2.
Atmojo, Dimas Tri. Konsep Pendidikan Karakter dalam Buku Pribadi Hebat Karya Buya Hamka Serta Implikasinya Pada Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA, Skripsi. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Azis, Rosmiyati. 2016. Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: SIBUKU.
Barni, Mahyudin. 2011. Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an: Studi Ayat- Ayat al-Qur’an tentang Pendidikan, (Yogyakarta: Pustaka Prisma Grafika.
Budiyanto, Dwi. 2009. Prophetic Learning. Yogyakarta: Pro-U Media. Burhanudin, Nunu. 2016. Konstruksi Pendidikan Intergratif Menurut Hamka.
Jurnal Educative: Journal of Education Studies, Vol. 1, No. 1, Januari- Juni.
Hamka, Irfan. 2013. Ayah...Kisah Buya Hamka. Jakarta:Republika.
Hamka, Rusydi. 1981. Pribadi dan Martabat Buya Prof. Dr. Hamka. Jakarta: Panji Masyarakat.
Hamka. 1973. Pelajaran Agama Islam, cet. Kelima. Jakarta: Bulan Bintang.
. 1983. Studi Islam. Jakarta: Pustaka Panjimas.
. 2017. Lembaga Hidup. cet. Ketiga. Jakarta: Republika.
. 2018. Falsafah Hidup. Cet. Ketujuh. Jakarta: Republika.
. 2018. Tasawuf Modern, cet. Kesepuluh. Jakarta: Republika
. 2018. Islam Revolusi dan Ideologi, Depok: Gema Insani.
. 2019. Lembaga Budi. cet. Keempat. Jakarta: Republika.
. 2020. Buya Hamka Berbicara tentang Perempuan, cet. Kedelapan.
Jakarta: Gema Insani.
. 2020. Pribadi Hebat, cet. Kesepuluh. Jakarta: Gema Insani.
. Tafsir al Azhar: Jilid 10.
. Tafsir al Azhar: Jilid 5.
Hidayat, Usep Taufik. 2015. Tafsir Al-Azhar: Menyelami Kedalaman Tasawuf Hamka. Buletin Al-Turas, Vol 21, No 1.
Husaini, Adian dan Bambang Galih Setiawan. 2020. Pemikiran dan Perjuangan M. Natsir dan Hamka dalam Pendidikan. Jakarta: Gema Insani.
Ismail, Sysifullah Godi. 2013. Implementasi Pendidikan Profetik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam,” Mudarisa: Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 5, No. 2.
Jambak, Fabian Fadhly. 2017. Filsafat Sejarah Hamka: Refleksi Islam dalam Perjalanan Sejarah, Jurnal Theologia, Vol 28, No 2.
Zulaiha, Eni. 2016. Fenomena Nabi dan Kenabian Dalam Perspektif al Quran”, Al Bayan: Jurnal Studi Al-Qur’an dan Tafsir Vol. 1, No. 2, Desember.
Waston. 2016. Pemikiran Epistemologi Amin Abdullah dan Relevansinya Bagi Pendidikan Tiinggi di Indonesia. Profetika: Jurnal Studi Islam, Vol. 17, No. 1, Juni.
Husaini, Adian dan Bambang Galih Setiawan. 2020. Pemikiran dan Perjuangan M. Natsir dan Hamka dalam Pendidikan. Jakarta: Gema Insani.
Kuntowijoyo. 2006. Islam Sebagai Ilmu. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Moenawar, M. GhozalI dkk, 2017. Media Komunikasi Diskursus Profetik, Agama, dan Pembangunan. Jakarta: UAI Press.
Musyafa, Haidar. 2019. Memahami Hamka The Untold Stories.Tangerang Selatan: Imania.
Roqib, Moh. 2011. Penguatan Spiritualitas Islam Melalui Budaya Profetik, Ibda: Jurnal Kebudayaan Islam, Vol. 9, No. 1.
Salik, Mohammad. Mengembangkan Fitrah Anak Melalui Pendidikan Islam (Studi atas Pemikiran Hamka). El-qudwah. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Syarif. 2011. Misi Pendidikan Spiritual Kenabian Nabi Muhammad (Analisis Ikhtiar Membentuk Karakter Anak Bangsa Dengan Pendekatan Hikmah). Jurnal Khatulistiwa, Vol. 1, No. 2, September.
Anwar Kairul, Pengertian Pendidikan Menurut Para Ahli, Ruang Guru, dalam http://smkn1perhentianraja.sch.id/read/5/pengertian-pendidikan-menurut-ahli, diunggah pada Rabu, 15 April 2022
Mahfudzot, Chaironi Nur Alvin M, Utlubul Ilma Minal Mahdi Ilal Lahdi, Hadis atau Bukan?, islami.co, dalam https://islami.co/utlubul-ilma-minal-mahdi-ilal-lahdi-hadis-atau-bukan/, diunggah pada, 13 Juni 2021
